Selasa, 20 April 2010

Contoh Skenario Pembelajaran dengan PBM

SKENARIO PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN Waktu
I. PENDAHULUAN
1. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa. 1’
TAHAP I ( Orientasi Pada Masalah )
Apersepsi
3. Guru mengajukan pertanyaan sebagai berikut
”Apabila kita mempunyai sejumlah zat, baik itu zat padat, zat cair ataupun gas, kemudian kita berikan kalor, apa yang akan terjadi dengan zat –zat tersebut?”
2’
Motivasi dan Konsepsi Awal
4. Guru menunjukan beberapa peralatan sebagai berikut,
• Sebuah botol kosong yang ditutup dengan balon karet,
• Termometer alkohol atau raksa
• 1 set alat pemuaian panjang
5. Guru melakukan demonstrasi sebagai berikut :
 Perhatikanlah botol yang ditutup dengan karet balon ini.
 Guru memanaskan botol tersebut.
 Guru mengukur suhu dengan menggunakan termometer alkohol/ raksa
 Guru memanaskan batang logam pada alat peraga pemuaian panjang.
6. Guru mengajukan beberapa hal sebagai berikut,
 Apa yang terjadi dengan udara dalam botol, cairan dalam termometer dan batang silinder?
 Bagaimana volume udara dalam botol dan cairan dalam termometer sebelum dan sesudah pemanasan?
 Bagaimanakah sifat-sifat pemuaian yang terjadi pada suatu zat? q
TAHAP II ( Pengorganisasian Peserta Didik )
7. Siswa dikondisikan supaya duduk berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
8. Guru membagikan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) kepada setiap kelompok
9. Guru memodelkan kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa selama pembelajaran berlangsung. 2’
II. KEGIATAN INTI
TAHAP III ( Penyelidikan Kelompok )
1. Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
2. Siswa membaca prosedur percobaan yang ada dalam lembar kerja siswa.
3. Siswa melakukan percobaan dan mengambil data berdasarkan percobaan
4. Siswa mencatat dan menuliskan hasil penyelidikannya dalam LKS yang telah disediakan. 45’
TAHAP IV ( Mengembangkan dan Menyajikan Hasil )
5. Siswa melakukan diskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan pertanyaan pertanyaan yang ada dalam LKS
6. Siswa memepresentasikan hasil penyelidikannya di depan kelas dan guru membimbing supaya terjadi diskusi kelas..
7. Siswa mengumpulkan LKS. 15’
III. PENUTUP
TAHAP V ( Analisis dan Evaluasi )
1. Siswa merefleksikan apa yang telah dipelajarinya, dengan membuat beberapa kesimpulan.
2. Guru memberikan penguatan dan koreksi terhadap materi yang dipelajari.
3. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
4. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam. 20’

1 komentar:

Agus Kusmana,S.Pd. mengatakan...

ayo poskan komentar